Kreafdemy Logo Kreafdemy

Program Kursus

Scratch

Scratch

Memperkenalkan konsep pemrograman dasar menggunakan platform Scratch yang berbasis pada pemrograman visual.

ScratchJr

ScratchJr

Memperkenalkan konsep pemrograman dasar menggunakan platform Scratch yang berbasis kode pemrograman visual.

Minecraft

Minecraft

Memperkenalkan konsep pemrograman dasar menggunakan platform Minecraft yang berbasis kode pemrograman visual.

Roblox

Roblox

Memperkenalkan anak-anak untuk membuat game menggunakan platform Roblox dengan mempelajari pemrograman dasar menggunakan bahasa LUA.

Thunkable

Thunkable

Thunkable adalah platform pengembangan aplikasi yang memanfaatkan drag and drop untuk memungkinkan pembuatan aplikasi mobile tanpa pengalaman coding. Thunkable mendukung platform Android dan iOS, membuatnya menjadi pilihan yang fleksibel untuk pengembang di semua level.

Course Logo

Scratch

Scratch adalah pemrograman yang dirancang khusus untuk anak-anak. Ini adalah lingkungan pemrograman visual yang memungkinkan anak-anak untuk membuat proyek-proyek kreatif seperti permainan, animasi, dan cerita interaktif dengan cara yang menyenangkan dan intuitif. Scratch membantu anak-anak memahami konsep-konsep dasar pemrograman sambil merangsang kreativitas dan imajinasi mereka.

Materi Belajar

Pengenalan Dasar Scratch

Pernahkah kalian mengetahui tentang Scratch 3.0? Jika belum, yuk kita kenalan sedikit tentang Scratch 3.0. Aplikasi Scratch 3.0 merupakan bahasa pemrograman yang berbasis visual block dan sangat cocok digunakan oleh pemula. Nah, jika teman-teman belajar menggunakan aplikasi Scratch 3.0, maka teman-teman bisa membuat beberapa project seperti story, animasi, dan game. Code pada Scratch 3.0 dapat disusun dengan cara drag and drop saja loh, disini teman-teman juga bisa belajar dan berlatih tentang.

Pengantar Scratch

Seperti yang teman-teman ketahui sebelumnya, aplikasi Scratch 3.0 bisa digunakan untuk membuat game dan animasi yang teman-teman sukai. Nah, sebelum kita membuat project di Scratch 3.0 kita kenalan dulu yuk dengan bagian-bagian dan fitur di Scratch 3.0.

Antarmuka Scratch 3.0

Berikut ini adalah bagian-bagian yang ada di dalam Scratch 3.0, di Simak ya supaya kenal lebih dekat dengan Scratch 3.0.

Canvas dan Sprite

Blok-blok kode yang sudah kalian rancang akan berjalan dan tampil di canvas (bisa juga disebut Window). Di dalam canvas ini terdapat logo bendera hijau dan lingkaran merah yang berfungsi untuk menjalankan dan memberhentikan program. Di dalam Canvas terdapat karakter yang kalian pilih atau gunakan yang disebut dengan “Sprite”, dalam Sprite akan berisi code atau block-block perintah yang dirancang agar bisa bergerak, memiliki suara, berubah warna, dan lain-lain. Kalian juga bisa mengganti dan menambah.

Sprite di menu New sprite dan pilih Choose sprite from library. Di sana akan ada banyak pilihan Sprite yang telah disediakan Scratch atau bisa juga menggunakan Sprite di luar Scratch. Pilih menu Upload sprite from file.

Backdrop

Backdrop adalah gambar latar belakang pada canvas. Pada menu New backdrop kalian bisa pilih backdrop yang sudah disediakan Scratch, yaitu di Choose backdrop from library atau bisa juga memilih backdrop yang ada di luar Scratch. Pilih Upload backdrop from file.

Script

Scripts adalah kumpulan blok-blok perintah yang akan kalian gunakan untuk memprogram. Masing-masing blok memiliki fungsi-fungsi yang berbeda.

-> Motion Blocks digunakan untuk menggerakan Sprite.

-> Looks Blocks digunakan untuk sesuatu yang berhubungan dengan tampilan pada program. Seperti say, think, change color, dll.

-> Sound digunakan untuk memberikan atau memunculkan suara pada Sprite.

-> Events Block digunakan sebagai triggering atau permulaan code supaya program dapat berjalan. Events adalah block yang sangat penting dan sering digunakan di awal pembuatan program.

-> Control Block berfungsi mengontrol script yang digunakan.

-> Sensing berfungsi mendeteksi objek atau untuk sentuhan.

-> Operator berfungsi sebagai operasi aritmatika atau matematika dalam sebuah program.

-> Variables atau data blocks berfungsi menyimpan data pada program dengan menggunakan sebuah variable.

Instalasi Scratch 3.0

Setelah teman-teman tahu tentang Scratch 3.0, yuk sekarang kita install aplikasinya dulu supaya kalian bisa coba buat project di aplikasi ini. Nah, Scratch 3.0 memiliki 2 versi yang berbasis web dan juga desktop. Untuk versi web, kunjungi alamatnya di link ini ya https://scratch.mit.edu dan pilih menu “Create”, maka tampilannya akan seperti gambar berikut ini. Namun Ketika kalian menggunakan Scratch 3.0 berbasis web, diperlukan untuk membuat akun dan Sign Up supaya kalian dapat menyimpan project kalian secara online.

Jika ingin menggunakan aplikasi offline atau desktop, kalian perlu mendownload Scratch dengan mengunjungi link berikut ini https://scratch.mit.edu/download/scratchlink. Jika sudah terdownload, lakukan installasi seperti biasa sampai selesai terinstall dan buka aplikasi Scratch 3.0.

Membuat Project Dengan Scratch 3.0

Sekarang, yuk kita buat project pertama kalian menggunakan Scratch 3.0. Project ini adalah animasi sederhana yaitu balon yang memantul dan bergerak secara terus menerus, siapkan dulu sprite dan backgroundnya ya. Setelah itu kita akan membuat code sederhana dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Klik block pada “Events” dan tambahkan block When Green Flag Clicked.

Kemudian cari di bagian “Control” dan tambahkan Forever.

Setelah itu pergi ke block “Motion” dan tambahkan code “Move 10 Steps” dan “if on edge, bounce” masukkan kedua block motion tersebut ke dalam Forever.

Selesai deh! Sangat mudah kan?

Studi Kasus

Dari animasi balon yang sudah kalian buat sebelumnya. Bisakah kalian menambahkan sebuah program, supaya balon tersebut bisa bertambah banyak dan ketika di klik akan menghilang serta mendapatkan score jika berhasil klik balon tersebut?

Siap untuk Memulai Perjalanan Coding Bersama? Ikuti Kelas Kami Sekarang!

Daftar Trial Class